Sunday, May 10, 2009

6 langkah yang membuat pengunjung betah berlama-lama diblog sobat

Berapa lama pengunjung betah di blog sobat? Nah pertanyaan ini patut ditanyakan pada diri setiap kita karena ini penting sobat, mengapa? ya karena google juga memperhitungkan hal ini. Disaat kita sudah menjadi yang teratas dalam hasil pencarian google bukan berarti usaha kita untuk menjadi yang teratas sudah berakhir disini sobat sistem google tidak akan berhenti disini mereka akan terus menilai seberapa pantaskah blog kita tersebut berada dipuncak hasil pencarian? Nah lamanya visitor disebuah blog salah satu acuan yang akan menjadi penilaian google, jadi kalo visitor yang ada di blog sobat tidak ada yang betah maka google pun secara perlahan akan menghilangkan blog kita tersebut karena dianggap tidak pantas untuk dijadikan urutan atas.

Nah beranjak dari hal ini saya mencoba sedikit berbagi bersama sobat mengenai apa yang saya tau menyangkut hal ini paling tidak ada 6 hal yang bisa kita lakukan diantaranya :



1. Kecepatan Akses.
Ini jelas penting karena lambatnya akses sebuah blog akan membuat visitor membatalkan kunjungan mereka.

2. Tampilan Blog
Seperti kata orang penampilan itu penting yup, tampilan blog juga sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung buatlah tampilan blog kita serapi mungkin biar pengunjung dengan mudah dapat menemukan apa yang mereka cari. Jangan sebaliknya.

3. Buatlah konten yang berkualitas
Kita semua tentunya tau setiap visitor datang kesebuah blog pasti ada maunya, jadi pastikan apa yang mereka cari tersedia.

4. Bisnis
Yupz, jangan terlalu berambisi dengan uang sehingga hampir disetiap blog kita tersebut penuh dengan iklan yang membuat pengunjung berpikir negatif, siapa sih yang gak mau uang tambahan? ya semua kita mengharapkannya tapi berlakulah bijaksana sehingga dua-duanya bisa didapat.

5. Update
Kita tidak perlu merawat blog kita setiap hari tapi peliharalah dia jangan tinggalkan begitu saja. Kita sendiri mengunjungi sebuah blog pasti dengan harapan menemukan sesuatu yang baru bukan? jadi pastikan ini berlaku pada blog kita juga.

6. Nilai tambah
Sebenarnya ini sangat penting ya kalo dilihat dari sudut persaingan ini jelas penting. karena nilai tambah inilah yang membuat kita lebih unggul dibandingkan saingan kita.

Nah ini dia 6 hal yang saya tau sobat, paling tidak begitulah para master itu berkata,, hehe, dan pastinya masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan mungkin sobat bisa berbagi disini, oke sobat cukup disini dulu ya.

Salam manis dari saya.

Artikel Lainnya



19 comments:

  1. Memang kunjungan ke blog agar betah kita berusaha untuk membuat postingan minimal setiap hari,kalau bisa. Kalau tidak bisa minimal 2 hari sekali.Menggunakan kata kunci di awal alinea, tengah alinea dan ending alinea agar dengan key word tadi search enggine google mencium blog/situs kita.

    ReplyDelete
  2. wah, dari enam langkah ini, aku cuman dapet 2 point deh kayanya,
    secara aku amsih amatiran gtu...
    Hmmm.tapi proses selalu memberikan kita kesempatan bukan.

    Yup !

    ReplyDelete
  3. wah, dari enam langkah ini, aku cuman dapet 2 point deh kayanya,
    secara aku amsih amatiran gtu...
    Hmmm.tapi proses selalu memberikan kita kesempatan bukan.

    Yup !

    ReplyDelete
  4. tips yang bagus bro..
    blog saya lemah di poin nomor satu nih.. kalo poin2 lainnya ya wajar kalo lemah juga.. masih belajar.. :P

    ReplyDelete
  5. hemm. artikel mantef.
    and lagi ta coba di blogku
    minta pencerahan untuk ku bozzz

    ReplyDelete
  6. yup, sederhana tapi oke...intinya perawatan ya mas..kudu sabar :) memang untuk merawat blog itu perlu dibiasakan, biasanya pilih-pilih aja . . . yang dirawat yg menghasilkan ,,,yang tidak menghasilkan dibiarin gitu saja..capex deh ,,,

    ReplyDelete
  7. Apa indikator bahwa pengunjung betah berlama-lama di blog kita? Bagaimana cara mengukurnya? Apakah ada nilai normalnya yang mengindikasikan bahwa pengunjung itu betah?

    ReplyDelete
  8. tips yang bagus...update blog itu penting..tapi jangan jadi seperti kejar setoran..maksudnya..daripada ngga update, maka posting artikel yg kurang bagus..

    thanks for sharing.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih untuk tips menariknya

    ReplyDelete
  10. sip..mantap articlenya..seperti tanaman jadinya blog ya..mesti di pupuk, dirawat..heh..he.he.

    ReplyDelete
  11. Dari 6 hal di atas yang paling menarik bagi saya adalah tentang niali tambah dan update..
    keren mas...

    ReplyDelete
  12. makasih buat infonya bener2 sangat diperlukan hehe...

    ReplyDelete
  13. aku gak tau brp lama klo ke blog temen...
    yg pasti siih hrs ringan dibuka and isinya enak utk dibaca

    ReplyDelete
  14. Info yang sangat bermanfaat Sobat, Thanks infonya.

    ReplyDelete
  15. ulas dulu ach menurut versi goceng
    1. Kecepatan Akses.
    sepertinya http://gocengblog.blogspot.com sudah berusaha semaksimal mungkin buat yang poin satu ini....tapi gak tau ya penilaian sahabat...

    2. Tampilan Blog
    http://gocengblog.blogspot.com...masih berusaha untuk meningkatkan kualitas karena masih newbie banget...kalo ada ide boleh...

    3. Buatlah konten yang berkualitas
    inilah yang ada dikepala goceng, bagaimana caranya agar konten yang dihasilkan berkualitas...coba liat aja

    4. Bisnis
    aji mumpung.....liat aja

    5. Update
    kalo yang satu ini relatif sih...erat kaitannya dengan point 3...kalo idenya penuh, bisa setiap hari...gimana?

    6. Nilai tambah
    semuanya pasti berusaha...agar ada yang lebih dari blog yang lain...setuju gak?


    maaf kepanjangan...

    ReplyDelete
  16. tips yang harus di coba neh buat para blogger2 pemula kaya ane...thanks ya sob

    ReplyDelete
  17. terimakasih sarannya...patut dicoba
    http://nagapasha.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. makasih info n tips nya mas..

    4 sehat, 5 sempurna, 6 istimewa

    ReplyDelete
  19. Widget-widget apa sich yang bisa bikin betah pengunjung??

    Salam Kenal^^

    ReplyDelete