Monday, March 2, 2009

6 Alasan yang membuat kita berhenti menulis dan Solusinya

Hi, sobat,, Untuk postingan kali ini saya mau mencoba sedikit bercerita mengenai gimana caranya biar kita bisa membuat postingan disaat kita kewalahan dalam mencari ide postingan itu sendiri, saya yakin sobat juga pernah merasakan seperti apa yang saya rasakan dimana untuk menulis sebuah postingan saja harus pusing tujuh keliling bigung mau nulis apa, mau memulainya dari mana.

Ok sobat beberapa hal berikut ini saya coba tuliskan berdasarkan pengalaman saya pribadi dan juga hasil dari saya membaca beberapa artikel mereka yang suka membahas akan hal ini dapat disimpulkan bahwa :

Beberapa hal yang menyebabkan kita berhenti menulis :

1. Terlalu berambisi. Jangan terlalu berpikir untuk menjadi yang terbaik dengan tulisan kita, ya tulis saja dulu nanti biarlah pembaca yang akan menilainya.

2. Dibebani dengan bagusnya tulisan pada blog orang lain, kita boleh melihat tulisan bagus diblog tetangga sebagai acuan untuk membuat kita terus berprestasi bukan sebaliknya, jadi jangan berpikir untuk menjadi seperti dia tapi berpikirlah kita akan mengalahkan dia dengan cara yang berbeda ok,.

3. Tidak mood. Ini berlaku pada setiap kita namun sebenarnya ini bisa dirubah dengan mencintai pekerjaan menulis ini sebagai hiburan bukan pekerjaan.

4. Takut dikritik. Sebenarnya hal ini tidak akan berlaku untuk tulisan pada sebuah blog selama kita tidak menulis tulisan yang bersifat sara, permusuhan dan sebagainya, tulis saja toh ini kan blog kita sendiri ya bebaslah kalau kita mau nulis apa aja,, ya gak broo?? hehee.

5. Jangan pakai topeng,, percayalah setiap kita memiliki keunikan masing-masing yang membuat kita berbeda jadilah diri sendiri dengan keunikan kita sendiri menulislah dengan gaya kita sendiri dengan hasil dan kualitas yang berbeda.

6. Krisis ide, untuk hal yang satu ini, kunjungilah blog yang lebih sukses yang berkaitan dengan blog sobat baca-baca artikel mereka, ceritakan diblog sobat atau posting ulang dengan cara berbeda sedikit sentuhan pribadi sobat mebuat dia lebih berbeda dengan kualitas yang sama bagus atau malah melebihinya,,

Ok sobat, untuk postingan kali ini cukup disini dulu yaa,, nanti akan saya tambah lagi,, dipostingan lainnya dengan tulisan yang berbeda. ok salam manis dari saya,,,,,

Artikel Lainnya



13 comments:

  1. Saya suka dengan alasan no.2 dan solusinya mas rizal, sisi positif bila kita sering mengunjungi blog" yang sudah sukses adalah kita bisa mencontoh apa yang mereka buat. Tapi sisi negatifnya terkadang karena saking tertariknya justru malah jadi beban untuk bisa menyamakan dengan apa yang mereka buat. Tapi dengan solusi mengalahkannya dengan cara yang lain saya rasa oke juga :)

    -salam sukses-

    ReplyDelete
  2. kalo aku sih nulis, seolah nggak akan ada yang mbaca... jadi ngalir gitu aja....
    kalo lagi buntu ide, kebuntuan itu pun bisa kita jadikan ide buat nulis.. hehe...

    ReplyDelete
  3. Untuk mas Ricky

    Makasih mas atas komentarnya,, kalau ada saran atau ide dari mas riky silakan berbagi disini mas..

    Untuk Mbak Tias

    Makasih mbak udah koment disini, bisa dijelasin mbak gimana caranya mengolah ide buntu tersebut?? untuk nambah ilmunya neh mbak hehe..

    Okee untuk Mas riky N Mbak tiyas thanks atas komentarnya,,,

    ReplyDelete
  4. informasi dari anda ternyata membuat saya ter-motivasi untuk senantiasa membuat tulisan yang berguna untuk saya sendiri syukur-syukur buat orang lain.

    ReplyDelete
  5. Untuk Risti,,,,

    Yupz kalo bisa berguna untuk orang lain kan lebih bagus dong ya,,??

    Untuk Mbak Risti thans atas komentarnya yaa,,

    ReplyDelete
  6. wah postingan yg bisa ngebantu ane nih, soalnya sering bingung mo nulis apaan...

    makasih y kunjungannya, klo bisa komen balik y...

    ReplyDelete
  7. keenam poin diatas top bgt, memang itulah inti dari nge-blog, yaitu utk mengekspresikan tulisan kita tnp perlu tkt atau malu, toh kt bkn 'penulis' profesional yang 'dibayar' atas tulisannya. Yg ptg harus berani memulai, klo ditunda terus kpn majunya, ya gk mas?!hehe.. ;))

    ReplyDelete
  8. Untuk Yak,, Thanks udah koment disini


    Untuk Mbak Maya,,,

    Yupz tepat banget,, memang apa yang mbak Maya katakan sama dengan tujuan postingan saya, blog diciptakan pada dasarnya bersifat personal untuk mereka yang suka mengekspresikan diri dengan tanpa batas,,,

    Okee Mbak Maya Thanks atas komentarnya yaa,,,

    ReplyDelete
  9. klo di perhatiin, bahasa yg d pake d komen/blog ini, sopan2 y om? beda ma beberapa blog temen ane. emang beda orang + biar variasi sih. =3
    mo ngomen soal 'komen' terakhir ni..
    klo qta g bsa berekspresi gara2 takut bongkar aib sendiri, gmn tuh penyelesaianny?

    ReplyDelete
  10. Untuk Yak,,

    Kalo berbicara mengenai aib sendiri sih sah-sah saja selama sobat tidak menulis yang berbaur sara dan sebagainya dan yang pastinya sobat nyaman dengan apa yang sobat lakukan biar pun membongkar aib sobat sendiri, dan ini merupakan bagian dari ekspresi diri juga, tidak ada yang melarang selama kita tidak melanggar peraturan yang diberlakukan.

    Ok sobat,, siapa tau sobat bisa populer dengan aib sobat tersebut ya terserah sobat senang apa ngak kalo popular dengan cara begituan,,hehe,

    okee deh thanks ya,, udah mau berbagi disini,,

    ReplyDelete
  11. Ada atau tidak yang baca, pokoke nulis. Just keep writing.Happy blogging...

    ReplyDelete
  12. hehe berguna sekali untuk bloger pemula macam saya.... thx foto sharing om..salam dari jayapura

    ReplyDelete
  13. untuk Ajenk dan Zhevanya,,

    thankss yaa,, udah koment disini,,

    untuk zhevanya sama-sama,, broo

    ReplyDelete