Tuesday, January 13, 2009

Pentingkah komentar pada setiap postingan?

Pentingkah komentar pada setiap postingan? Hi, sobat kembali lagi neh saya masih bingung dengan berbagai mitos yang muncul diberbagai page para bloging lainnya kebanyakan dari mitos mereka saya setuju, cuma ada satu hal yang masih membuat saya ragu mengenai komentar, mereka mengatakan banyaknya komentar ditiap postingan kita dapat meningkatkan trafik postingan itu sendiri kalo menurut saya pribadi kalau mitos ini benar kenapa para master diluar sana sangat jarang memberikan tempat bagi kita pengunjung untuk melakukan komentar dengan meninggal link balik keblog kita pada postingan mereka yang sehingga mengakibatkan hampir tidak ada sama sekali yang meninggalkan komentar pada blog yang besar tersebut, tetapi toh blog mereka tetap aja yang paling teratas pada kata kunci tertentu.

Saya yakin sobat sendiri tentunya sering menemukan blog jenis ini mereka berada dipuncak klasemen, sementara semua postingan mereka minim komentar, dan ada juga blog yang sangat banyak memiliki komentar tetapi hampir tidak ada sama sekali kata kunci yang berhasil dikuasainya, ini yang membuat saya ragu, apakah komentar hanya akan menyedot trafik kita? atau akan membuat para bloging lainnya suka berkunjung hanya untuk memberikan komentar yang sehingga menaikkan trafik?

Saya sendiri sering berkunjung keblog yang saya sukai dan sering belajar dari blog tersebut tapi hampir tidak pernah saya berpikir untuk berkomentar yang nantinya akan menguntungkan saya tapi hampir tiap hari saya mengunjungi blog beliau biarpun terkadang tidak ada yang baru. ini menuat saya berpikir tidak ada gunanya saya membuat artikel pro dan kontra yang akan menghasilkan banyak komentar yang hanya menambah link pada blog yang terkadang trafik nol, sedangkan mereka tidak akan pernah kembali lagi.

Namun begitu banyak komentar pada setiap postingan juga memiliki kelebihan yang jauh lebih banyak seperti membuat postingan kita menjadi lebih dipercaya atau lebih populer, bahkan membuat situs kita dianggap lebih rame karna terbukti dengan banyaknya komentar.

Ini cuma pendapat saya pribadi maaf kalau bertentangan dengan pendapat sobat ok.

Artikel Lainnya



3 comments:

  1. bener juga sih... terkadang sepertinya memberi komentar saat berkunjung di blog favorit kita itu jadi seperti keharusan. Karena klo tidak melakukannya spt nya blog kita tidak ada yang berkunjung (krn ngga ada yang komentar).
    Tapi saya pun memang sempat berpikir bahwa blog yang paling banyak komentarnya itu yang seru.. orangnya yang banyak teman...dst...dst...

    ReplyDelete
  2. bagi saya komentar adalah bentuk penghargaan atas hasil tulisan saya. Dan...saya gak peduli soal traffic dan pagerank. Jadi, gak ngerti juga nih, apa iya komentar bnyk berarti bisa meningkatkan pagerank?

    ReplyDelete
  3. aye jg msh ragu ttg komen ini. saking ragunya, selintas aye mo nutup fasiltas komen utk smua posting aye sndiri bhkan shoutmix pun mo di buang.
    tp aye msh khawatir para blogger bilang: 'sdh NUBI sombong lg'
    kadang aye jg bfikir, posting aye memang g pantas dikomen

    ReplyDelete